17+ Pengertian Biologi Menurut Para Ahli (Lengkap)

Pengertian atau definisi Biologi sudah diberikan oleh para ahli dunia. Secara umum, ilmu Biologi adalah salah satu cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari tentang makhluk hidup dan proses kehidupannya. Nah, pada kesempatan artikel yang sedang Anda baca saat ini akan mengkhususkan untuk memberikan pengertian Biologi berdasarkan dari pendapat para ahli Biologi. Sebelum itu, mungkin ada baiknya kita bahas terlebih dahulu pengertian Biologi secara umum.

Apa itu Biologi?

Jika ditelusuri dari asal katanya, istilah biologi berasal dari 2 kata Bahasa Yunani, yaitu kata bios dan kata logus. Bios berarti hidup dan logos berarti ilmu. Jika digabungkan, maka biologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang makhluk hidup dan proses kehidupannya.

Biologi adalah salah satu ilmu pengetahuan alam. Antara biologi dengan cabang ilmu pengetahuan alam lainnya memiliki saling kaitan dan melahirkan ilmu pengetahuan yang baru. Kajian biologi sebagai ilmu dititikberatkan mengenai makhluk dan kehidupannya. Biologi mempelajari makhluk hidup mulai dari tingkat molekul-molekul penyusunnya (sel, jaringan, organ, sistem organ) dan tingkatan lain yang lebih tinggi sebagai bagian dari sains. Biologi mengkaji semua makhluk hidup, bukan hanya hewan dan tumbuhan yang hidup di muka bumi ini, akan tetapi hewan dan tumbuhan yang hidup di masa lalu, bahkan di tempat-tempat lain jika mungkin ada kehidupan.

Ilmu biologi lahir dan berkembang bertumpu pada pengamatan dan percobaan. Seorang ahli biologi biasanya akan mengajukan pertanyaan tentang apa yang mereka lihat dan saksikan di lingkungan sekitar. Pertanyaan itu selanjutnya akan dijawab melalui serangkaian percobaan menggunakan peralatan-peralatan khusus, ruangan khusus (laboratorium), atau pengamatan langsung di habitat alami makhluk hidup.

Pengertian Biologi Menurut para Ahli

Pengertian Biologi Menurut Para Ahli

Secara umum, pengertian dari biologi telah kita uraikan di atas. Lantas, seperti apa pengertian biologi menurut para ahli? Nah, di bawah ini kami telah kumpulkan 17 definisi biologi yang diuraikan oleh para ahli dunia. Berikut ini uraiannya:

1. Tajudin dan Fuad Izzudin

Biologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang sesuatu yang hidup beserta semua masalah yang menyangkut kehidupannya.

2. Sumardi dan Nugroho

Biologi adalah cabang ilmu pengetahuan (science) yang mengkaji tentang kehidupan masa lalu hingga sekarang dengan segala hal yang berkaitan dengannya.  Mulai dari tingkat subpartikel atom sampai dengan interaksi antar makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya, dan makhluk hidup dengan lingkungannya.

3. S.H. Anwariningsih dan M. Widianingsih

Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hal-hal yang berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupannya.

4. Siti Laila dan Bagod Sudjudi

Biologi merupakan cabang sains yang mempelajari makhluk hidup dan lingkungannya.

5. Moekti Ariwibowo dan Fiktor Ferdinand

Biologi merupakan ilmu tentang makhluk hidup dan lingkungannya, serta memiliki cabang-cabang tersendiri yang secara spesifik mempelajari tiap bagian makhluk hidup.

6. J. Saputra

Biologi merupakan ilmu yang berkaitan dengan segala sesuatu tentang makhluk hidup

7. M. Biomed dan Deswaty Furqonita

Biologi merupakan ilmu yang mengkaji dan mempelajari segala sesuatu tentang makhluk hidup dan kehidupannya.

8. I Septifiranta dan Y. Fauziah

Biologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang hidup dan menyangkut tentang kehidupannya.

9. Nur Haryanti

Biologi merupakan ilmu hayat atau ilmu yang mempelajari sifat dan keadaan makhluk hidup (manusia, binatang, dan tumbuhan)

10. Oman Karmana

Biologi adalah ilmu yang dapat memecahkan permasalahan pengetahuan makhluk hidup dan dapat menunjang ilmu-ilmu lainnya.

11. Wijaya Jati

Biologi merupakan cabang sains yang mempelajari tentang makhluk hidup yang mengkhususkan kajiannya kepada makhluk hidup dan kehidupannya.

12. J. Juniati

Biologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup yang obyek persoalannya banyak ditemukan di lingkungan sekitar.

13 Ami S dan Maniam

Biologi merupakan ilmu yang memiliki segala hal tentang makhluk hidup dengan cakupan yang luas.

14. Rikky Firmansyah

Biologi adalah cabang ilmu pengetahuan tentang makhluk hidup dan kehidupannya.

15. Prawirohartono

Pengertian biologi adalah cabang dari ilmu pengetahuan alam yang mengkaji tentang segala hal yang berkaitan dengan kehidupan yang ada di bumi.

16. Suwarno

Biologi merupakan cabang sains yang khusus mempelajari tentang makhluk hidup

17. Yani

Biologi adalah cabang ilmu yang melakukan kajian tentang makhluk hidup yang terdiri dari manusia, binatang, tumbuhan, dan mikroorganisme.

Untuk membantu Anda memahami pengertian biologi, silahkan simak video pembelajaran biologi berikut ini:


Demikianlah uraian tentang 17+ Pengertian Biologi Menurut Para Ahli (Lengkap), semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon