Pengertian Difusi dalam Ilmu Biologi

Pengertian Difusi dalam Ilmu Biologi. Difusi adalah gerak perpindahan molekul-molekul suatu zat melalui gradien konsentrasi, dari larutan konsentrasi tinggi ke larutan konsentrasi rendah melalui membran semipermeabel. Dalam pengertian lain, difusi adalah pergerakan molekul zat terlarut tanpa adanya membrane semipermeabel. Peristiwa difusi termasuk dalam transpor pasif karena tidak memerlukan energi untuk perpindahannya.

Pengertian Difusi dalam Ilmu Biologi

Difusi memiliki kemiripan dengan osmosis, dimana osmosis merupakan kasus khusus dari difusi, bahwa keduanya sama-sama berbicara tentang pergerakan atau perpindahan. Perbedaan dari keduanya adalah, bahwa pada proses difusi yang berpindah adalah zat terlarut, sedangkan pada proses osmosis perpindahan tersebut terjadi pada pelarutnya.

Baca Juga:
Zat yang memiliki berat partikel kecil akan lebih cepat berdifusi dibandingkan zat dengan berat partikel besar. Ini sebabnya zat yang paling gampang berdifusi adalah gas. Sedangkan, pada zat cair relative lebih lambat berdifusi dibandingkan gas.

Tidak semua partikel molekul dapat berdifusi masuk ke dalam sel. Membran plasma terdiri dari molekul-molekul fosfolipid dengan pori-pori ultramikroskopik yang dapat dilewati ion dan molekul berukuran kecil. Molekul-molekul yang dapat melewati membran plasma di antaranya adalah air, oksigen, karbon dioksida, dan beberapa mineral yang larut dalam air. Molekul dengan ukuran sedang, seperti asam amino dan molekul gula, tidak dapat berdifusi melewati membran sel. Pertukaran oksigen dan karbondioksida pada proses respirasi hewan adalah salah satu contoh difusi.

proses difusi

Pada prinsipnya, pada proses difusi membran plasma bersifat pasif. Membran plasma tidak mengeluarkan energi untuk memindahkan molekul ke luar dan ke dalam sel.

Contoh Peristiwa Difusi

Contoh peristiwa difusi sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda meneteskan tinta pada air, partikel-partikel tinta akan bergerak dan tersebar secara merata mengisi ruang yang ada. Perhatikan gambar di bawah ini:

Contoh peristiwa difusi lainnya pada saat Anda menyemprotkan minyak wangi atau obat antinyamuk pada suatu ruangan. Partikel-partikel yang terdapat pada minyak wangi dan obat antinyamuk akan bergerak memenuhi ruangan. Aroma harumnya minyak wangi akan tercium walaupun kita bergerak agak jauh dari tempat disemprotkannya minyak wangi tersebut. Nyamuk yang berada disudut ruangan juga akan menghisap bau obat antinyamuk sampai akhirnya nyamuk tersebut mati.

Dua peristiwa di atas adalah contoh peristiwa difusi. Proses penyebaran tinta pada air disebut difusi zat cair. Sedangkan, peristiwa penyebaran partikel-partikel dari obat nyamuk dan minyak wangi adalah difusi gas. Pada lingkungan sel pun, dapat terjadi peristiwa difusi. Proses difusi pada sel terjadi jika zat tersebut mampu melewati membran plasma.

Pada proses difusi, partikel akan bergerak melintasi membran tergantung pada gradien konsentrasi (membran sel memiliki sifat permeabel terhadap partikel tersebut). Jika suatu partikel terkonsentrasi lebih banyak pada satu sisi membran daripada sisi lainnya, partikel cenderung untuk berdifusi menembus membran untuk menurunkan gradien konsentrasi.

Peristiwa dalam sel yang menunjukkan proses difusi adalah pada peristiwa respirasi seluler. Oksigen terlarut akan berdifusi menembus membran. Selama proses respirasi seluler kebutuhan oksigen akan terus berlangsung, oksigen akan berdifusi ke dalam sel juga akan terus berlangsung. Hal terjadi karena gradien konsentrasi mendukung terjadinya pergerakan arah tersebut.

Perlu diingat bahwa membran plasma memiliki sifat selektif permeabel sehingga berpengaruh terhadap laju difusi beberapa jenis partikel. Satu jenis partikel akan berdifusi bebas menembus banyak jenis membran adalah air. Hal inilah yang mendukung terjadinya kehidupan bagi sel.

Untuk membantu Anda memahami peristiwa difusi, berikut ini kami tampilkan video pembelajaran tentang difusi.


Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Difusi dalam Ilmu Biologi, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon