Pengertian Endositosis dan Eksositosis (Lengkap)

Pengertian Endositosis dan Eksositosis. Dua istilah ini dikenal dalam ilmu biologi, endositosis dan eksositosis adalah suatu proses yang terjadi dalam membran sel atau membran plasma, yaitu terkait dengan proses perpindahan substansi dari dalam atau luar sel. Pada umumnya, endositosis dan eksositosis digunakan untuk memindahkan substansi yang berukuran besar. Kedua proses ini, saling menyeimbangkan luas permukaan plasma membran sehingga volume sel tidak harus menjadi lebih kecil dari semula.

Endositosis dan Eksositosis

Nah, seperti apa penjelasan lengkap dari kedua istilah ini? Berikut ini pembahasannya:

Pengertian Endositosis

Apa yang dimaksud dengan endositosis? Endositosis adalah suatu proses atau mekanisme perpindahan molekul-molekul dari luar sel ke dalam sel. Istilah ini berasal dari Bahasa Yunani, yaitu endo artinya ke dalam dan cytos artinya sel. Pelipatan ke dalam (invaginasi) akan terbentuk pada membran sel dan memakan molekul-molekul yang akan dimasukkan ke dalam sel. Di dalam sel, molekul tersebut akan dilapisi oleh sebagian membran plasma yang terlepas membentuk selubung.

Contoh mudah dari proses endositosis adalah pada proses makan Amoeba. Pada Amoeba, endositosis pada membran plasma akan membentuk vakuola. Vakuola ini merupakan tempat dicernanya makanan, diserap, dan dikeluarkan sisa-sisanya. Perhatikan gambar di bawah ini:

endositosis amoeba

Dalam perkembangannya, endositosis hadir dalam tiga bentuk, yaitu fagositosis, pinositosis, dan endositosis dengan bantuan reseptor. Pada kasus Amoeba, proses memasukkan zatnya disebut fagositosis. Pada proses ini, molekul yang dimasukkan ke dalam sel berupa zat atau molekul padat. Sedangkan, pada pinositosis adalah zat cair.

Baca Juga:
Endositas dengan bantuan reseptor sangat berbeda dengan fagositosis dan pinositosis, dimana pada proses ini hanya memasukkan molekul yang sangat spesifik. Terdapat reseptor protein di dalam lekukan membran sel yang akan berikatan dengan protein molekul yang akan diterima sel. Misalnya, pada proses memasukkan kolesterol ke dalam sel. Pada proses ini, molekul kolesterol akan dikenali dan dimasukkan ke dalam sel dengan bantuan reseptor protein. Perhatikan gambar di bawah ini:

endositosis bantuan reseptor

Pengertian Eksositosis

Apa yang dimaksud dengan eksositosis? Eksositosis adalah suatu istilah yang berasal dari Bahasa Yunani, yaitu exo artinya keluar dan cytos artinya sel. Dengan kata lain, eksositosis adalah proses mengeluarkan molekul-molekul zat dari dalam ke luar sel. Contoh kasus Amoeba di atas, proses pengeluaran sisa-sisa makan melalui vakuolanya merupakan satu contoh eksositosis. Selubung membran atau vakuola mengelilingi sisa zat makan yang telah melewati proses cerna. Selanjutnya, bergabung kembali dengan membran plasma dan sisa zat makan untuk di buang keluar sel.

proses eksositosis

Membran yang meliputi sel tersebut akan berfusi atau menyatu dengan membran plasma. Proses ini adalah salah satu mekanisme yang digunakan sel-sel kelenjar dalam menyekresikan hasil metabolisme. Contohnya, sel-sel kelenjar pada pankreas yang mengeluarkan enzim ke saluran pankreas yang bermuara di usus halus. Enzim dari dalam sel akan dikeluarkan oleh sel-sel tersebut dengan menggunakan mekanisme eksositosis. Perhatikan gambar di bawah ini:

Untuk membantu Anda memahami materi endositosis dan eksositosis ini, berikut ini kami tampilkan video pembelajaran yang berhubungan:


Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Endositosis dan Eksositosis, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon