Retikulum Endoplasma (RE): Fungsi dan Struktur (Lengkap)

Apa fungsi dari retikulum endoplasma? Seperti apa strukturnya? Dalam ilmu biologi, retikulum endoplasma adalah salah satu organel sel dengan membran berbentuk jala. Organel ini terdiri dari kumpulan kantung membran bergelembung, menyerupai pipa, dan berbentuk pipih yang ditemukan meluas dalam sitoplasma sel eukariotik. Retikulum endoplasma juga terdiri dari ruangan-ruangan kosong yang diliputi oleh membran dengan ketebalan sekitar 5 nm. Ruang-ruang ini disebut dengan lumen.

Retikulum endoplasma (RE) adalah adalah organel sel yang terdiri dari sistem membran, berbentuk tabung-tabung dan lipatan-lipatan membran yang tersebar di seluruh sitoplasma. Pada permukaan RE merupakan tempat berlangsungnya berbagai macam reaksi kimia untuk perkembangan dan pertumbuhan sel.

Retikulum Endoplasma (RE): Fungsi dan Struktur (Lengkap)

Secara umum, organel retikulum endoplasma strukturnya berbentuk seperti lembaran-lembaran koran yang dilipat menyerupai bola kecil. Pada permukaannya, retikulum endoplasma mengandung ratusan sampai ribuan informasi penting yang tersusun rapi dalam satu paket dengan volume kecil. Dari segi bentuk, retikulum endoplasma terbagi atas tiga yaitu, vesikula, lamella, dan tubula. Sedangkan, dari segi ada atau tidaknya ribosom, retikulum endoplasma (RE) terbagi ke dalam dua tipe, yaitu retikulum endoplasma agranular (RE halus) dan retikulum endoplasma granular (RE kasar). 

Baca Juga:
Retikulum endoplasma agranular (halus) adalah RE yang dindingnya tidak terdapat ribosom yang tidak aktif melakukan sintesis protein, namun aktif melakukan sintesis lemak. RE jenis ini banyak ditemukan pada leukosit dan sel lemak. Sedangkan, retikulum endoplasma granular (kasar) adalah jenis RE yang dindingnya terdapat ribosom yang berfungsi untuk sintesis protein. Membran dinding RE jenis ini banyak mengandung enzim yang berkaitan dengan sintesis protein. Retikulum endoplasma granular berperan penting dalam transpor protein dan materi kimia lainnya.

Pengertian Retikulum Endoplasma (RE)

Apa yang dimaksud dengan retikulum endoplasma? Dalam pengamatan sel, retikulum endoplasma merupakan bagian dari organel sel eukariotik yang membentuk jaringan vesikel, tubulus, dan cisternae di dalam sel. Secara struktur dan fungsi, retikulum endoplasma dibagi menjadi dua kategori, yaitu retikulum endoplasma kasar yang disebabkan oleh adanya ribosom pada sisi sitoplasma membran dengan kantung pipih. Kategori kedua, yaitu retikulum endoplasma halus karena tidak terdapat ribosom padanya. RE halus ini terdiri dari jaringan tubulus.

Retikulum endoplasma mempunyai beberapa fungsi, yaitu membentuk jaringan citocavitari, di mana jaringan ini merupakan sistem sirkulasi intra seluler, menghasilkan enzim-enzim di sepanjang retikulum, berperan penting dalam transportasi berbagai zat, dan berperan dalam pembentukan kolesterol, fosfolipid, dan karbohidrat. Pada permukaan retikulum endoplasma, sebagian besarnya terjadi berbagai reaksi kimia. Misalnya, reaksi untuk pertumbuhan dan perkembangan sel.

Secara garis besar, fungsi utama dari retikulum endoplasma adalah:
  1. Sebagai tempat transportasi molekul dan bagian-bagian sel yang satu ke bagian-bagian sel lainnya (RE halus dan RE kasar)
  2. Berfungsi dalam sintesis kolesterol dan lemak. Proses ini terjadi di hati (RE halus dan RE kasar)
  3. Berfungsi untuk memodifikasi protein yang akan disintesis oleh organel ribosom untuk disalurkan ke kompleks Golgi, selajutnya akan dikeluarkan dari sel (RE kasar)
  4. Menjadi penampung sintesis protein yang akan disalurkan ke kompleks Golgi.
  5. Berfungsi sebagai tempat penyimpanan kalsium, di mana saat sel berkontraksi maka kalsium tersebut akan dikeluarkan dari RE menuju ke sitosol.

Struktur Retikulum Endoplasma (RE)

Secara umum, struktur retikulum endoplasma berbentuk seperti lembaran-lembaran surat kabar yang dilipat-lipat menyerupai sebuah bola kecil. Permukaan retikulum endoplasma banyak mengandung ratusan bahkan ribuan informasi menarik yang tersusun dalam satu paket dengan volume yang sangat kecil.

gambar retikulum endoplasma

Retikulum Endoplasma (RE) merupakan organel sel yang terdiri dari membran-membran yang tersusun secara paralel. Strukturnya berongga (sisterna) berbentuk tubulus dan pipih. Rongga ini berfungsi menghubungkan membran sel dengan membran inti.

1. Retikulum Endoplasma Kasar (RE Kasar)

RE jenis ini disebut dengan retikulum endoplasma kasar karena adanya ribosom yang melekat padanya berbentuk bintik-bintik. RE kasar berfungsi penting sebagai tempat sintesis protein. Secara khsusus, organel ini dicirikan oleh lembarannya yang memiliki dua membran sel yang tersusun menjadi satu di bagian tepi. Semua membran ini dibatasi oleh kantong yang berbentuk sakulus. Berikut ini gambar dari retikulum endoplasma kasar

gambar dari retikulum endoplasma kasar

Secara umum, terdapat banyak bentuk variasi sakulus, tetapi pada retikulum endoplasma kasar, sakulusnya memiliki bentuk lebih terarah, simetris, dan paralel antara satu kantong dengan kantong lainnya. Dari hasil pengamatan, semakin aktif sebuah sel, maka semakin banyak pula jumlah ribosom dan sikulusnya.

2. Retikulum Endoplasma Halus (RE Halus)

Jenis kedua dari retikulum endoplasma adalah RE Halus. Dikatakan halus karena bentuknya yang menyerupai labirin-labirin halus. Retikulum endoplasma halus saling berinfiltrasi dan saling terhubung dalam sitoplasma. RE halus berfungsi penting dalam sistem metabolisme sel, yaitu karbohidrat, konsentrasi kalsium, sistem lipid, dan juga menjadi tempat menempelnya reseptor pada protein di dalam membran sel. Berikut ini gambar dari retikulum endoplasma halus:

gambar dari retikulum endoplasma halus

Retikulum endoplasma halus (RE halus) memiliki jaringan-jaringan tubulus yang saling berikatan tanpa adanya ribosom. Dari hasil pengamatan, jenis retikulum ini banyak dijumpai pada sel-sel organ reproduksi yang berfungsi untuk menghasilkan hormon steroid, seperti hormon estrogen dan testosteron.

3. Retikulum Endoplasma Sarkoplasmik

Para ilmuwan membagi kembali satu jenis retikulum endoplasma yang merupakan jenis khusus dari retikulum endoplasma halus, diberi nama retikulum endoplasma sarkoplasmik. RE jenis ini banyak ditemukan pada otot lurik dan otot licin. RE sarkoplasmik dibedakan dari RE halus berdasarkan kandungan proteinnya dan fungsinya. Jika RE halus berfungsi sebagai tempat sintesis molekul, sedangkan RE sarkoplasmik berfungsi sebagai pemompa dan penyimpan ion kalsium.

Perbedaan Retikulum Endoplasma Halus dan Kasar

Apa perbedaan dari retikulum endoplasma halus dengan retikulum endoplasma kasar? Hal pertama yang bisa dibedakan adalah penampilannya. RE kasar, sesuai dengan namanya berarti memiliki permukaan yang kasar akibat dari adanya bintik-bintik ribosom yang menempel padanya. Selain itu, RE kasar juga memiliki cakram dengan bentuk teratur membentuk baris. Sedangkan, pada retikulum endoplasma halus permukaannya halus karena tidak adanya bintik ribosom yang melekat padanya. Selain itu, RE halus juga dicirikan oleh adanya jaringan tubulus yang saling terhubung. Jadi untuk membedakan dua jenis RE dapat ditinjau dari 3 sisi, yaitu:

1. Fungsi

Retikulum endoplasma halus berfungsi untuk sintesis dan metabolisme lipid. Retikulum endoplasma halus juga menjadi tempat penyimpanan dan transportasi. Sedangkan, RE kasar memiliki fungsi penting dalam sintesis protein.

2. Penampilan

Retikulum endoplasma halus memiliki permukaan halus, membentuk jaringan tubulus yang saling terhubung. Sedangkan, pada RE kasar permukaannya bergelombang. RE kasar juga berbentuk struktur kantung, terdiri dari interkoneksi, dan berbentuk cakram dengan baris teratur.

3. Proposisi

Retikulum endoplasma kasar memiliki proposisi lebih besar daripada retikulum endoplasma halus. RE halus banyak dijumpai pada sel-sel yang secara aktif bertugas melakukan sintesis dan metabolisme lipid, seperti dalam sel hati, testis, otot, dan ovarium.

Untuk membantu Anda dalam memahami materi retikulum endoplasma ini, berikut ini kami tampilkan juga video pembelajaran tentang retikulum endoplasma:


Demikianlah penjelasan tentang Retikulum Endoplasma (RE): Fungsi dan Struktur (Lengkap), semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon